LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten

Jauhari Indra Pratama, Jauhari Indra Pratama (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jauhari Indra Pratama_12520244014.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer dan Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program Studi Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus – 11 September, sebanyak 1 pertemuan di kelas X Jurusan TKJ / Teknik Komputer dan Jaringan 1 dan 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Elektronika Dasar, Diagnosa PC, Merakit Komputer dan Perbaikan dan Setting PC. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, Tutorial, Praktikum. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, Praktikum, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang belum memiliki modul/lks dan untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL menggunakan PowerPoint dan selalu menekankan untuk mencatat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TKJ, SMK Negeri 4 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 May 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33396

Actions (login required)

View Item View Item