KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI PANASAN SLEMAN)

Rofii’ Uddiin, Akhmad (2016) KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI PANASAN SLEMAN). S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Akhmad Rofii’ Uddiin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di SD Negeri Panasan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Panasan Sleman yang subjeknya adalah 6 siswa, 3 guru, dan kepala sekolah. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam mengikuti kegiatan intrakurikuler memiliki kedisiplinan berdasarkan ketepatan waktu datang, penggunaan barang penunjang pembelajaran yang sesuai fungsinya, dan pakaian seragam yang sesuai aturan. Siswa kurang disiplin dalam mengerjakan tugas ketika mengikuti kegiatan intrakurikuler. Siswa disiplin dalam ketepatan waktu datang, penggunaan barang dalam kegiatan yang sesuai fungsinya, serta kepatuhan terhadap peraturan ketika mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Siswa kurang disiplin dalam penggunaan atribut seragam ketika mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler meliputi guru, peraturan (tata tertib), dan hukuman. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam kegiatan Pramuka mencakup pembina, peraturan, dan hukuman. Faktor penghambat kedisiplinan siswa dalam kegiatan intrakurikuler serta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah teman yang tidak disiplin. Siswa memiliki kesadaran ketika tidak disiplin yang dibuktikan dengan sikap jujur dan berani mengakui. Kesadaran siswa dipengaruhi oleh guru dan pembina Pramuka yang membiasakan disiplin serta adanya hukuman. Kata kunci: kedisiplinan, kegiatan sekolah, intrakurikuler, ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33395

Actions (login required)

View Item View Item