LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten

Annisa Nur Isnaini, Annisa Nur Isnaini (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Nur Isnaini_12803241024.pdf

Download (100MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program Studi Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus – 11 September, sebanyak 4 pertemuan di kelas XI AK 3 dalam satu minggu. Selama PPL, praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 26 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Kompetensi Kejuruan Akuntansi standar kompetensi Kas Bank. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah Active Learning Information Search dengan pemutaran video tentang rekonsiliasi bank, ceramah, diskusi, Teams Games Tournaments (TGT), dan praktik. Media yang digunakan adalah video, permainan kotak rahasia yang telah dihubungkan dengan pertanyaan-pertanyaan, dokumendokumen penerimaan dan pengeluaran kas, slide presentasi dengan berbagai gambar yang mendukung, serta lembar soal untuk latihan siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatanhambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah laptop pribadi tidak bisa terhubung dengan lcd proyektor sehingga media yang membutuhkan tayangan lcd proyektor tidak dapat ditampilkan, hanya mengajar 1 kelas sehingga RPP yang dibuat hanya terpakai 1 kali dan banyaknya RPP yang harus dibuat membutuhkan waktu yang lebih banyak, pada pertemuan-pertemuan awal, materi yang dibahas terlalu banyak teori dan siswa tergolong lemah dalam hal tersebut. Adapun usaha dan solusi yang dilakukan mahasiswa praktikan untuk mengatasi hambatan PPL antara lain meminjam laptop mahasiswa yang lain ketika dibutuhkan tayangan menggunakan lcd proyektor, menyusun RPP jauh-jauh hari atau pada minggu pertama PPL sehingga saat akan mengajar RPP sudah siap untuk setiap pertemuannya, menggunakan metode yang menarik sehingga tidak membosankan, pembelajaran dengan menggunakan slide presentasi dibuat dengan menggunakan gambar-gambar yang sesuai dengan materi sehingga siswa cepat memahami materi yang disampaikan. Selain itu, pemahaman siswa juga diuji melalui adanya permainan yang telah berisi pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab secara kelompok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, AK, SMK Negeri 4 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 May 2016 02:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item