PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MATA PELAJARAN PDTO KELAS X TKR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Larika, Ervin Dito (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MATA PELAJARAN PDTO KELAS X TKR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ervin Dito Larika 09504244041.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penggunaan dan pemeliharaan alat ukur melalui hasil belajar siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta selama proses pembelajaran kompetensi dasar alat ukur mekanik dalam mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif (PDTO) menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian 27 orang. Instrumen pengumpulan menggunakan catatan lapangan dan test hasil belajar. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui ujian dan dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif (PDTO) dapat meningkatkan pemahaman penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dilihat dari hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu dengan nilai rata-rata menjadi 61,67 dengan 37,04% atau 10 siswa yang mencapai nilai KKM (75,00), dan pada siklus II meningkat yaitu dengan nilai rata-rata menjadi 80.56 dengan 88,89% atau 24 siswa mencapai nilai KKM (75,00). Jika dilihat dari peningkatan secara individu pada tahap siklus I ke siklus II peningkatan individunya adalah sebanyak 27 siswa (100%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Media pembelajaran, Hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 02:15
Last Modified: 05 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33388

Actions (login required)

View Item View Item