LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN REKAPITULASI DATA ARSIP SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS KOMPUTERISASI BAGIAN UNIT PERSURATAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN

Dedi Mukhlas M, Dedi Mukhlas M (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN REKAPITULASI DATA ARSIP SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS KOMPUTERISASI BAGIAN UNIT PERSURATAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 2 Dedi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kerjasama dengan perguruan tinggi, sekolah, dinas pendidikan, dan lembaga lain baik pemerintah maupun swasta untuk menyelenggarakan kegiatan praktik kependidikan dan keguruan yang diselenggarakan setiap fakultas. PPL yang dilaksanakan oleh program studi Manajemen Pendidikan, jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dengan mengambil lokasi pada Kantor Dinas Pendidikan sebagai lokasi praktik Mahasiswa Manajemen Pendidikan. Program yang direncanakan oleh penyusun dalam PPL I adalah Rekapitulasi Data Arsip Surat Masuk dan Keluar Berbasis Komputerisasi Bagian unit Persuratan di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Permasalahan yang ditemui yaitu belum optimalnya proses rekapitulasi arsip surat masuk dan keluar karena masih bersifat manual dan seringnya terjadi kesulitan menemukan data surat yang ingin dicari karena harus membuka pembukuan surat yang tentu memakan waktu yang cukup lama dan tidak praktis. Program ini pada akhirnya dapat terlaksana pada PPL II yang dilaksanakan oleh penyusun untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti kedalam bentuk program. Adapun pelaksanaan program yang dilakukan pada PPL II ini yaitu Rekapitulasi Data Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Komputerisasi Bagian Unit Persuratan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten yang meliputi menyusun dan menyiapkan data arsip, pengecekan program komputer Microsoft excel, melakukan pengkalsifikasian data, melakukan penginputan data, serta melakukan back up data dalam bentuk data base. Kegiatan ini dilaksanakan secara berurutan dan bertahap selama 1 bulan pelaksanaan PPL II. Adapun hasil dari pelaksanaan program PPL II ini yaitu masuknya entry data arsip surat masuk dan surat keluar yang kemudian di masukkan dalam sebuah folder dan disimpan di perangkat komputer dan flashdisk. Pada umumnya seluruh program yang dilaksanakan berlangsung dengan baik meskipun tidak dipungkiri terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, namun dukungan dari lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dan segenap Tim PPL membantu penyusun untuk mengatasinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Arsip Surat Masuk dan Keluar, Data Base
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 May 2016 02:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33385

Actions (login required)

View Item View Item