EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PLERET PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK

Wijayatno, Dani Angga (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PLERET PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dani Angga 10518244031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PLERET PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK Oleh : Dani Angga Wijayatno NIM 10518244031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil memahami pengukuran komponen elektronika sebelum menggunakan metode kooperatif tipe TAI dan setelah menggunakan metode kooperatif tipe TAI di SMK Negeri 1 Pleret program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, (2) Mengetahui perbedaan hasil memahami pengukuran komponen elektronik menggunakan metode kooperatif tipe TAI dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah di SMK Negeri 1 Pleret program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, (3) Mengetahui perbedaan efektivitas metode kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan hasil belajar memahami pengukuran komponen elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (Quasi-Experiment). Penelitian ini menggunakan non probability sampling yakni teknik purpose sampling untuk memilih sampel penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A dan X B Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pleret, dengan ketentuan kelas eksperimen yakni kelas X TIPTL B sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas X TIPTL A sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil memahami pengukuran komponen elektronika kelas eksperimen sebelum menggunakan metode TAI memiliki nilai rata-rata 62,33 dan setelah menggunakan metode TAI memiliki nilai rata-rata 84,50, (2) Hasil memahami pengukuran komponen elektronika dengan metode pembelajaran kooperatif TAI memiliki nilai rata-rata sebesar 84,50 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 71,67 termasuk dalam kategori tinggi, (3) Metode pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika memiliki skor gain rata-rata sebesar 0,59 yakni dalam kategori sedang, sedangkan pembelajaran dengan metode konvensional memiliki skor gain rata-rata sebesar 0,31 yakni dalam kategori rendah. Kata kunci : kognitif, hasil belajar, TAI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item View Item