PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK TAHUN AJARAN 2014/2015

AdiIrawan, AdiIrawan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Adi Irawan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh : AdiIrawan NIM.08504244022 ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model pembelajarankooperatiftipe TAI (Team Accelerated Instruction) untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuktahunajaran 2014/2015. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Subjekdalampenelitianiniadalahsisw a SMK Muhammadiyah 1 Patuk Tahun Ajaran 2014/2015 kelas XI A TeknikSepeda Motor sebanyak 21siswamelaluiteknikpurposive, dimanapenentuansubjekdidasarkanatasadanyakarakteristik yang menunjukkanhasilbelajarsistempengisianbelummencapaikriteriaketuntasan minimal (KKM).Prosedurpenelitanmeliputiperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksisetiapsiklusnya.Metodepengumpulan data menggunakanteskognitif.Teknikanalisis data menggunakan analisisdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: penerapan model pembelajarankooperatiftipe TAI (Team Accelerated Instruction) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuktahunajaran 2014/2015. Hal inidapatdibuktikandenganpeningkatanpencapaiankriteriaketuntasan minimal yang ditetapkan 75,00mengalamipeningkatansetiapsiklusnya. Padaprasiklushanya19% siswa yang mencapaikriteriaketuntasan minimal.Padasiklus I menggunakan model pembelajarankooperatiftipe TAI pencapaiankompetensisiswameningkatmenjadi71,4% yang mencapaikriteriaketuntasan minimal. Padasiklus II pencapaiankompetensisiswameningkatlagimenjadi90,5% yang telahmencapaikriteriaketuntasan minimal. Selainitu, nilai rata-rata hasilbelajarsiswapadakompetensisistempengisiansepeda motor jugamengalamipeningkatansetiapsiklusnya. Padaprasiklusnilai rata-rata sebesar67,46, padasiklus I denganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe TAI menjadi77,94 danpadasiklus II menjadi83,49. Pencapaiankompetensisiswatersebuttelahsesuaiharapantelahdianggapberhasil. Kata Kunci:PembelajaranKooperatiftipe TAI,HasilBelajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item