PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Sobirin, Sobirin (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
08520244065_Sobirin.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Oleh : Sobirin NIM 08520244065 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning untuk persiapan ujian nasional siswa sekolah menengah atas (SMA) dan untuk mengetahui kualitas aplikasi yang dikembangkan ditinjau dari aspek functionality, portability, correctness, usability. Hasil akhir penelitian ini adalah aplikasi mobile learning yang dapat digunakan untuk persiapan ujian nasional siswa sekolah menengah atas (SMA) yang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development. Aplikasi persiapan ujian nasional dikembangkan menggunakan IDE Eclipse yang terintegrasi dengan Android Development Tools serta bahasa pemrograman Java. Proses pengembangan melalui beberapa tahap yaitu, (1) Analisis; (2) Desain; (3) Implementasi; (4) Pengujian aplikasi dari aspek functionality, portability, correctness, dan usability. Aplikasi persiapan ujian nasional memiliki fitur untuk tryout ujian, membaca ringkasan materi, latihan soal, melihat statistik perkembangan persiapan ujian, forum untuk bertanya kepada guru. Jumlah mata pelajaran yang disediakan pada aplikasi persiapan ujian nasional terdiri dari enam mata pelajaran untuk jurusan IPA dan enam mata pelajaran IPS. Pengujian functionality dengan metode white box test menunjukkan bahwa input dan output yang dihasilkan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan aspek kualitas portability menyatakan bahwa aplikasi lolos uji instalasi, dan seluruh fungsi berjalan dengan baik pada handphone Gingerbread, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean baik modus portrait maupun landscape. Berdasarkan aspek kualitas correctness, aplikasi memiliki 3722 baris kode program dan tidak ditemukan adanya bug. Aspek usability menghasilkan nilai usability 0.81654 sehingga dinyatakan lolos pengujian dengan predikat “sangat baik”. Berdasarkan standar yang digunakan pada masing-masing aspek pengujian, semua hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa aplikasi telah memenuhi aspek software quality sehingga layak untuk digunakan pengguna akhir. Kata kunci: mobile learning, ujian nasional, software quality

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33378

Actions (login required)

View Item View Item