Penyelenggaraan Program Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) di SMA Stella Duce 1 dan SMA BOPKRI 1 Kota Yogyakarta

Pandegirot, Wulan Aria Utami (2012) Penyelenggaraan Program Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) di SMA Stella Duce 1 dan SMA BOPKRI 1 Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulan-aria-utami-pandegirot-07703251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan: (1) penyelenggaraan program r-sma-bi di SMA swasta di kota Yogyakarta melalui aspek konteks, (2) penyelenggaraan program r-sma-bi di SMA swasta di kota Yogyakarta melalui aspek input dan (3) penyelenggaraan program r-sma-bi di SMA swasta di kota Yogyakarta melalui aspek proses. Menggunakan model evaluasi CIPP. Fokus penelitian ini adalah penyelenggaraan program r-sma-bi pada tahap pengembangan dalam dua model pembinaan, yaitu model pembinaan by class di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dan model pembinaan by subject di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah seluruh pendidik yang mengajar di kelas/rombel program r-sma-bi, seluruh tenaga kependidikan dan peserta didik. Untuk peserta didik di SMA BOPKRI 1 responden adalah 1 rombel program r-sma-bi di kelas X dan 1 rombel program r-sma-bi di kelas XI. Untuk SMA Stella Duce 1 digunakan teknik sampling menggunakan nomogram Harry King untuk menentukan sampel responden peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan data yang ada guna memperoleh bentuk nyata dari responden, agar lebih mudah dimengerti. Hasil analisis data dari tiap-tiap indikator dari masing-masing aspek yang diteliti dibandingkan dengan acuan kriteria yang ada. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, baik dalam model pembinaan by class maupun model pembinaan by subject, aspek konteks dengan indikator akreditasi dan kurikulum, masuk dalam kategori Kurang Mendukung program r-sma-bi. Aspek input dengan indikator mutu pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiyaan dan kesiswaan, masuk dalam kategori Kurang Mendukung program r-sma-bi. Aspek proses dengan indikator proses pembelajaran, pengelolaan dan penilaian, masuk dalam kategori Kurang Mendukung program r-sma-bi. Kendala yang tampak pada aspek konteks adalah sulitnya memperoleh pengakuan/akreditasi internasional dari sekolah unggul atau lembaga pendidikan internasional. Pada aspek input kendala paling nyata adalah rendahnya kemampuan bahasa Inggris dan TIK para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Pada aspek proses kendala yang tampak adalah sekolah belum mampu memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh ijazah atau sertifikat internasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: R-SMA-BI, model evaluasi CIPP
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 01:59
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33376

Actions (login required)

View Item View Item