Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pendidikan Karakter di SMPIT Abu Bakar Kota Yogyakarta

Pangestuti, Wahyu Cahyaning (2012) Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pendidikan Karakter di SMPIT Abu Bakar Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-cahyaning-pangestuti-10703254002.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan fungsi manajemen dalam pendidikan karakter melalui integrasi mata pelajaran dan pengembangan diri di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penerapan pendidikan karakter melalui integrasi di dalam mata pelajaran dan pengembangan diri akan diteliti tentang perencanaannya, pengorganisasiannya, pengarahannya, dan pengendaliannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara: observasi lapangan, wawancara dan study dokumen. Subjek penelitian ini adalah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Sarana Prasarana dan Kepegawaian, Guru, Karyawan dan Ketua OSIS. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan fungsi manajemen dalam pendidikan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran: Perencanaan, Secara administratif baru pelajaran matematika yang sudah mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Pengorganisasian, setiap awal tahun ajaran, silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) disusun bersama oleh para anggota MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bidang studi sejenis di sekolah. Pengarahan, proses pendidikan yang dilakukan kepada siswa didasarkan pada sebelas prinsip pendidikan dan Ustadz-Ustadzah dalam mengajar, mengedepankan prinsip membimbing, sehingga para siswa tampak dinamis dan aktif sampai akhir. Pengendalian, supervisi dilakukan tiap semester oleh Konsorsium Yayasan Mulia dan kepala sekolah. Ada tindak lanjutnya berupa mengisi format penilaian kinerja guru, program mutabaah/pembinaan untuk guru, pemanggilan oleh kepegawaian atau kepala sekolah, dan pelatihan yang diadakan Konsorsium Yayasan Mulia. 2) Penerapan fungsi manajemen dalam pendidikan karakter melalui pengembangan diri: Perencanaan, bagian kesiswaan menyusun program untuk satu tahun. Pengorganisasian, Lima belas orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah bekerja sesuai petunjuk teknis pelaksanaan program kerja yang terkait dengan pengembangan pendidikan karakter. Pengarahan, SMPIT Abu Bakar melaksanakan 18 nilai yang dikembangkan pendidikan karakter kecuali 5 indikator yaitu: a) nilai jujur untuk indikator sekolah yaitu menyediakan kantin kejujuran dan indikator kelas yaitu menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang, b) cinta tanah air untuk indikator kelas yaitu memajang foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, dan lain-lain, c) gemar membaca untuk indikator sekolah yaitu menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca, d) peduli lingkungan untuk indikator sekolah yaitu melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik dan e) peduli lingkungan untuk indikator sekolah yaitu penugasan pembuatan kompos dari sampah organik. Pengendalian, upaya pengendalian yang dilakukan adalah dengan mengadakan rapat kedinasan setiap Sabtu dan menindaklanjuti pengisian kartu pemantauan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan karakter, integrasi mata pelajaran, pengembangan diri
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 08:53
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33375

Actions (login required)

View Item View Item