LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Rani Mahardini, Rani Mahardini (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 5 Yogyakarta. PPL ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang PPL yang berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015, yaitu mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas sesuai dengan jadwal pelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di tiga kelas yaitu kelas X DKV A, X DKV B, dan XII DKV B. Adapun mata pelajaran yang diampu antara lain: Sketsa dan Gambar (gambar teknik, gambar bentuk dan sketsa murni) serta DKV (Desain Komunikasi Visual). Selama PPL berlangsung, mahasiswa tidak hanya melakukan praktek mengajar di kelas, tetapi mahasiswa praktikan dilibatkan secara langsung dalam kegiatan sekolah yang bertujuan untuk mengenal lebih jauh kegiatan-kegiatan persekolahan, misalnya: upacara bendera pada hari Senin, upacara bendera pada hari kemerdekaan, upacara hari pramuka, kegiatan pramuka dan piket jaga (ruang guru dan lobby). Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih lima minggu di SMK Negeri 5 Yogyakarta dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keguruan dalam bidang pendidikan seni rupa yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun menghimbau agar hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan UPPL UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 07:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33370

Actions (login required)

View Item View Item