LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Nabila Sella Agusta, Nabila Sella Agusta (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta program studi kependidikan. Kegiatan ini merupakan wahana praktik mengajar secara langsung di sekolah yang tujuannya adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik mengajar secara langsung sebagai bekal apabila mahasiswa bekerja sebagai pendidik di kemudian hari. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 5 Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kenari Nomor 71, Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan berakhir pada tanggal 12 September 2015. Dalam program pembelajaran di SMK Negeri 5 Yogyakarta, perlu dilakukan persiapan mengajar, diantaranya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan/persiapan media pembelajaran, ringkasan materi/bahan ajar, dan lain-lain. Kegiatan PPL ini dilaksanakan kurang lebih selama 5 minggu dengan mata pelajaran Simulasi Digital untuk kelas X dari semua jurusan yang ada di SMK Negeri 5 yogyakarta. Selama melaksanakan PPL di SMK Negeri 5 Yogyakarta penyusun telah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebanyak 34 kali tatap muka dengan alokasi waktu setiap pertemuan 3 x 45menit dari 8 kelas yang diampu, yaitu kelas X Kulit A, X Kulit B, X Kayu A, X Kayu B, X DKV A, X Keramik A, X Tekstil B, X Logam A. Terlaksananya PPL ini tentunya akan memberi pengalaman dan pelajaran berharga bagi mahasiswa di kemudian hari, seperti mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan penyusunan perangkat pembelajaran seperti RPP dan Media Pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta diberikan pengalaman untuk menggunakan dan menerapkan kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang Informatika. Program PPL selain menjadi wahana pelatihan dan praktik nyata juga sebagai persiapan sebelum mahasiswa benar-benar terjun ke dunia kependidikan nantinya, sehingga telah memiliki pengalaman mengajar yang cukup. Dengan hal tersebut, tentunya mahasiswa akan mampu memberikan yang terbaik baik bagi siswa, institusi sekolah, maupun bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL, SMK Negeri 5 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 07:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33369

Actions (login required)

View Item View Item