PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI STRATEGI THOMAS ARMSTRONG DI KELAS II SD N SUROKARSAN 2 KOTA YOGYAKARTA

Listyaningrum, Listyaningrum (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI STRATEGI THOMAS ARMSTRONG DI KELAS II SD N SUROKARSAN 2 KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Listyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui Strategi Thomas Armstrong di kelas II SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Keterampilan sosial merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh siswa. Beberapa siswa di kelas II belum menunjukkan keterampilan sosial yang cukup, maka aspek keterampilan sosial siswa kelas II perlu ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan kurangnya pemahaman komunikasi antar guru dan siswa, tidak pedulinya siswa dengan kegiatan belajar mengajar, dan ada siswa yang merasa tertolak dengan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Desain penelitian ini menggunakan model Muir. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta sebanyak 24 anak terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi oleh Thomas Armstrong dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Pada siklus I, indikator keberhasilan mencapai 65,04% dan siklus II mencapai 87,67% untuk tabel observasi tindakan keterampilan sosial. Penilaian diri dari siswa mencapai 84,5% untuk pretest dan 98,75% untuk post test. Pada siklus II, Strategi dan tindakan telah diperbaiki dan mengalami keberhasilan dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan maka, penelitian berhenti pada siklus II. Kata kunci:keterampilan sosial, penelitian tindakan, Strategi Thomas Armstrong

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33367

Actions (login required)

View Item View Item