Linda Dian Rahmawati, Linda Dian Rahmawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Laporan_bab_1__2__3_2015_09_20_17_03_44_293.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, mahasiswa praktikan melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 5 Yogyakarta di Jalan Kenari 71 Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bagi mahasiswa PPL bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang praktik mengajar bidang Seni Kerajinan di sekolah serta kegiatan persekolahan lainnya serta menerapkan ilmu akademis selama duduk di bangku perkuliahan dan agar mampu meningkatkan kompetensi profesional, pedagogi, sosial, dan kepribadian. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan di kelas X Kulit A-B. Materi yang disampaikan berupa Mata Pelajaran Dasar Kekriyaan yang di dalamnya mencakup tentang gambar ornament, gambar bentuk, dan gambar huruf. Tetapi pada mata pelajaran ini focus pada kompetensi gambar bentuk. Dalam PPL seluruh peserta PPL UNY juga turut berpartisipasi dalam program sekolah. Di antaranya adalah upacara bendera, piket, upacara hari keistimewaan Yogyakarta, Upacara hari kemerdekaan RI, dan Memakai Baju Adat Yogyakarta. Dapan disimpulkan manfaat PPL ini adalah sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kampus. PPL juga mampu menjadikan salah satu wadah untuk mahasiswa dalam penyusunan suatu program managerial, administrasi maupun pengajaran. PPL memberikan pengalaman mengajar di dalam kelas dengan langsung berhadapan dengan berbagai macam sifat peserta didik. Secara keseluruhan, program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berjalan dengan lancar sesuai yang telah direncanakan. Kemudian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana yang tepat untuk mempraktekan teori dan latihan yang sudah didapatkan di kampus dan dapat memberikan gambaran yang sesungguhnya pada praktikan tentang tugas seorang guru yang baik dalam mengajar maupun dalam praktik persekolahan lainya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Kelas X Kulit, Dasar Kekriyaan, Gambar Bentuk |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 May 2016 07:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |