EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENDAMPING KUBE ANGKATAN III DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ( BBPPKS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gus Malik, Gus Malik (2016) EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENDAMPING KUBE ANGKATAN III DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ( BBPPKS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_GUS MALIK_12102241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi: (1) manajemen penyelenggaraan diklat pendamping KUBE angkatan III di BBPPKS Yogyakarta, (2) hasil penyelenggaraan diklat pendamping KUBE angkatan III di BBPPKS Yogyakarta, (3) dampak penyelenggaraan diklat pendamping KUBE angkatan III di BBPPKS Yogyakarta . Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara diklat pendamping KUBE, widyaswara diklat pendamping KUBE, alumni peserta diklat pendamping KUBE angkatan III di kab.Sleman dan Kulon Progo, dan anggota KUBE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan membuat rekomendasi dari kegiatan evaluasi. Trianggulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber dan teknik dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen penyelenggaraan diklat pendamping KUBE angkatan III ini sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari pusat. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, diklat pendamping KUBE ini sudah sesuai dengan standardisasi penyelenggaraan diklat. Pembelajaran diklat sudah dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan ; (2) Hasil dari program diklat pendamping KUBE dibagi menjadi tiga kemampuan yaitu kemampuan akademik, kemampuan sikap, dan kemampuan vokasional. Hasil ini sudah mencapai tujuan dan mengarah pada dampak yang diharapkan; (3) terdapat perubahan dalam pelaksanaan dan pendampingan KUBE yang merupakan dampak dari program diklat pendamping KUBE. Kata kunci: evaluasi, program diklat, pendamping KUBE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 May 2016 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33363

Actions (login required)

View Item View Item