LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Ganes Apriliawan, Ganes Apriliawan (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY jurusan S1 untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapakan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang profesional dan tanggap dalam mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, tepatnya di JL. Kenari Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Sebelum melakukan PPL mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMKN 5 Yogyakarta. Dengan adanya observasi ini mahasiswa dapat mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas yang dilakukan oleh Guru. Sehingga berbagai data terkait proses kegiatan pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa diantaranya media yang digunakan dalam KBM, potensi siswa dalam kelas, faktor penghambat kegiatan KBM dll. Mahasiswa pun dapat mengerti seluruh system administrasi Kurilum 2013 dan memberikan pengaplikasian yang telah dipelajari selama berada di bangku kuliah. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Dalam kegiatan PPL ini penulis memperoleh mata pelajaran Dasar-dasar Kekriyaan yang di fokuskan Pengajaran di kurikulum 2013 yang di terapkan di Kelas X Keramik A. Dengan selesainya kegiatan PPL ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya sebagai calon tenaga pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya dan senantiasa mampu mengembangkan metode-metode dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pelaksanaan Program, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 06:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33358

Actions (login required)

View Item View Item