LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL 2015 LOKASI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Erlinda Prima Ayu C N, Erlinda Prima Ayu C N (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL 2015 LOKASI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikannya selain tugas akhir skripsi. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, yang beralamat di Jl. Kenari 71 Yogyakarta ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Tim PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMK Negeri 5 Yogyakarta. Sebelum melakukan program PPL mahasiswa mengadakan observasi terlebih dahulu, kegiatan observasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas yang dilakukan oleh guru. Dari data observasi yang telah dilakukan, mahasiswa mengetahui mengenai proses kegiatan belajar dan mengajar, media pembelajaran yang digunakan, administrasi guru, sikap dan potensi siswa dikelas. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pada tahap pelaksanaan nya mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak minimal 6 kali dalam masing-masing pertemuan 45 menit dalam satu jam pelajaran. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang Seni Kerajinan. Disini kami juga diberikan pengalaman untuk menggunakan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahanperubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item