LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Ayu Yustia Kurniatin, Ayu Yustia Kurniatin (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER tia.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN tia.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I tia.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan mahasiswa sapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang professional dan terampilam dalam mengikuti perkembangan pendidikan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian, professional, dan sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. PPL sebagai salah satu muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan pembekalan dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap pada semester sebelumnya dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, tepatnya di Jl. Kenari 71 Yogyakarta ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Sebelum melakukan program PPL mahasiswa mengadakan observasi terlebih dahulu, kegiatan observasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas yang dilakukan oleh guru. Dari data observasi yang telah dilakukan, mahasiswa mengetahui mengenai proses kegiatan belajar dan mengajar, media pembelajaran yang digunakan, administrasi guru, sikap dan potensi siswa dikelas. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang Seni Kerajinan. Disini kami juga diberikan pengalaman untuk menggunakan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 04:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33352

Actions (login required)

View Item View Item