Kontribusi Kondisi Fisik Dan Teknik Terhadap Keterampilan Menggiring Bola (Dribbling) Atlet Bolabasket Putri Junior Di Kabupaten Gunungkidul

Pratama, Chrissandy Yudha (2016) Kontribusi Kondisi Fisik Dan Teknik Terhadap Keterampilan Menggiring Bola (Dribbling) Atlet Bolabasket Putri Junior Di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chrissandy yudha pratama-13711251045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kondisi fisik dan teknik terhadap keterampilan menggiring bola (dribbling) atlet bolabasket putri junior di kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan non-experimental, menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet bolabasket putri junior di Kabupaten Gunungkidul. Sampel yang diambil dalam populasi tersebut berjumlah 100 atlet yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes pengukuran dan rubrik. Tes pengukuran digunakan untuk mengukur faktor kondisi fisik yang terdiri dari 6 item dan tes keterampilan dribbling, kemudian rubrik digunakan untuk mengukur penilaian teknik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan ANAVA dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas menggunakan program SMART PLS. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kontribusi faktor kondisi fisik terhadap keterampilan dribbling atlet bolabasket putri junior di Kabupaten Gunungkidul sebesar 0,210 yaitu 21%, (2) kontribusi faktor teknik terhadap keterampilan dribbling atlet bolabasket putri junior di Kabupaten Gunungkidul sebesar 0,550 yaitu 55%, dan (3) kontribusi kondisi fisik dan teknik terhadap keterampilan dribbling atlet bolabasket putri junior di Kabupaten Gunungkidul sebesar 0,455 yaitu 45,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: faktor kondisi fisik, teknik, dribbling, bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2016 03:59
Last Modified: 18 Jan 2022 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33341

Actions (login required)

View Item View Item