UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI PERBAIKAN TRANSMISI MANUAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI OTOMOTIF SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN

Riki, Muhammad Maruf (2016) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI PERBAIKAN TRANSMISI MANUAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI OTOMOTIF SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Riki Muhammad M-05504244004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI PERBAIKAN TRANSMISI MANUAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI OTOMOTIF SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN Riki Muhammad Maruf 05504244004 ABSTRAK Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui cara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada teori kompetensi transmisi manual di SMK Diponegoro Depok Sleman, mengetahui tingkat partisipasi belajar siswa pada mata diklat sepeda motor antara sebelum dan sesudah model PBL diterapkan, dan mengetahui prestasi belajar siswa pada mata diklat sepeda motor di SMK Diponegoro antara sebelum dan sesudah model PBL diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari penemuan permasalahan, perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan suatu cara penerapan model PBL. Penerapan model PBL menggunakan metode diskusi tutorial seven jumps dengan pretest di awal sesi dan pembahasan materi di akhir sesi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa partisipasi dan prestasi belajar siswa meningkat pada akhir tindakan. Dalam proses penerapan model PBL, pada sesi I terjadi peningkatan partisipasi siswa dari 2,6 dengan kategori kurang baik menjadi 3,5 dengan kategori baik. Sedangkan pada sesi III terjadi peningkatan partisipasi siswa dari 3,1 menjadi 3,5 dengan kategori baik. Pada prestasi belajar peningkatan terlihat pada pencapaian KKM. Pencapaian KKM meningkat dari 5% pada awal tindakan menjadi 61% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 83% di siklus II. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Partisipasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33330

Actions (login required)

View Item View Item