UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMK KARYA RINI TAHUN AJARAN 2010/2011

Rika, Atika (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMK KARYA RINI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Rika_Atika_Busana_04513241010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMK KARYA RINI TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh: Rika Atika 04513241010 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Membuat Pola kelas X SMK Karya Rini dengan menerapkan reward and punishment. Penerapan motivasi dalam pendidikan ini dipilih karena guru belum begitu maksimal menerapkannya dalam pembelajaran Membuat Pola Dasar. Jenis penelitian yang di lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan di lakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen yang di gunakan berupa angket dan lembar observasi yang telah di konsultasikan dan di validasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Karya Rini yang berjumlah 34 siswa. Uji validitas instrumen berupa validitas isi yaitu menggunakan kisi-kisi instrumen yang terdapat indikator-indikator di dalamnya sebagai tolak ukur dan nomor item pertanyaan atau pernyataan yang telah di jabarkan dari indikator. Dan validitas konstruk yaitu meminta pendapat dari para ahli tentang instrumen yang telah di susun. Uji reliabilitas instrumen di lakukan secara eksternal yaitu melakukan test-retest atau biasa di sebut juga stability. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, menghitung harga rata-rata Mean (M), titik tengah Median (Me), nilai yang paling sering muncul Modus (Mo), dan standar deviasi, kemudian untuk mengetahui kecenderungan sebaran masing-masing indikator dari variabel penelitian dengan menghitung rerata (M) ideal, dan simpangan baku (SD) tiap variabel, setelah itu dilakukan klasifikasi untuk mengetahui kecenderungan data apakah data tersebut sangat tinggi, tinggi, rendah, selanjutnya besarnya frekuensi berdasarkan sebaran kecenderungan data di persentasekan. Penerapan reward and punishment dalam pembelajaran Membuat Pola Dasar di mulai dengan perencanaan tindakan, implementasi tindakan, pemantauan dan evaluasi tindakan, analisis dan refleksi, dan perencanaan tindakan yang dilakukan dalam dua siklus. Bentuk reward yang diberikan pada siklus I adalah bonus nilai dan bentuk reward pada siklus II adalah bonus nilai dan buku pola. Pemberian punishment pada siklus I dan II berupa dikeluarkan dari kelas, masuk perpustakaan mengerjakan tugas Membuat Pola Dasar dan dikumpulkan pada saat jam pelajaran selesai. Capaian motivasi dilihat dari indikator-indikator motivasi menunjukkan peningkatan, begitu juga dari segi efektivitas pembelajaran, mengalami peningkatan sehingga siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Jadi penerapan reward and punishment dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X dalam Membuat Pola di SMK Karya Rini Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33328

Actions (login required)

View Item View Item