Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving pada Pembelajaran Kalkulus II ditinjau dari Sikap terhadap Kalkulus, Kemampuan Berpikir Kreatif , dan Prestasi Belajar Mahasiswa

Palobo, Markus (2016) Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving pada Pembelajaran Kalkulus II ditinjau dari Sikap terhadap Kalkulus, Kemampuan Berpikir Kreatif , dan Prestasi Belajar Mahasiswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-markus-palobo-1470291041.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem posing dan problem solving, 2) mendeskripsikan perbedaan keefektifan antara pendekatan problem posing dengan problem solving dan 3) membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dengan problem solving ditinjau dari sikap mahasiswa terhadap Kalkulus, kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Musamus Merauke. Sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika semester II tahun akademik 2015/2016 sebanyak 38 orang yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan berupa pendekatan problem posing dan kelompok kedua diberi perlakuan berupa pendekatan problem solving. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 1) angket sikap terhadap Kalkulus, 2) tes kemampuan berpikir kreatif dan 3) tes prestasi belajar. Pengujian keefektifan pendekatan problem posing dan problem solving menggunakan uji one sample t-test. Pengujian untuk menentukan perbedaan keefektifan menggunakan uji MANOVA. Pengujian untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pendekatan problem posing efektif ditinjau dari sikap terhadap Kalkulus dan pretasi belajar, 2) pendekatan problem solving efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar, 3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran Kalkulus II antara pendekatan problem posing dengan problem solving ditinjau dari sikap mahasiswa terhadap Kalkulus, kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar, dan 4) pendekatan problem posing lebih efektif dari pada pembelajaran problem solving ditinjau dari sikap mahasiswa terhadap Kalkulus

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem posing, pendekatan problem solving, sikap terhadap Kalkulus, kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2016 03:12
Last Modified: 09 May 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33327

Actions (login required)

View Item View Item