PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA PERTUNJUKAN SENDRATARI RAMAYANA DI PURAWISATA YOGYAKARTA

Herina Istanto, Herina (2016) PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA PERTUNJUKAN SENDRATARI RAMAYANA DI PURAWISATA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Herina Istanto (11209244003).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pemasaran pada pertunjukan Sendratari Ramayana di Purawisata Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen pemasaran pada pertunjukan Sendratari Ramayana di Purawisata. Adapun subjek penelitian meliputi manajer Purawisata, Pimpinan Ramayana Purawisata, penari, guide, tukang becak, dan beberapa staf ahli Purawisata. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data, melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Sendratari Ramayana di Purawisata dikelola oleh 2 manajemen, pihak Purawisata dan pihak Sanggar Sendratari Ramayana. Perusahaan Purawisata menangani secara bisnis, sedangkan Sanggar Sendratari Ramayana menangani secara produksi dan pemasaran heart to heart. (2) Sasaran pemasaran Sendratari Ramayana Purawisata adalah wisatawan asing, sehingga kekuatan iklan produk lebih kepada media internet, seperti website dan media sosial (facebook, twitter, dan instagram) (3) Penjualan tiket secara personal Purawisata bekerja sama dengan biro perjalanan, hotel, dan mitra kerja. Dalam hal ini Purawisata memberikan pamflet dan katalog terkait produk Purawisata termasuk Sendratari Ramayana Purawisata. (4) Sendratari Ramayana di Purawisata pentas setiap malam sejak tahun 1976 hingga saat ini, dan pernah mendapatkan MURI tahun 2001. (5) Dengan pemasaran heart to heart Sendratari Ramayana memberikan kesempatan kepada para penonton untuk foto bersama penari setelah pementasan, penonton juga diperbolehkan untuk melihat penari berhias di belakang panggung, dan penari juga berkomunikasi dengan penonton asing menggunakan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran, Sendratari Ramayana Purawisata.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 25 May 2016 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33322

Actions (login required)

View Item View Item