EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PNEUMATIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK N TEMBARAK TEMANGGUNG

Setiyawan, Bayu (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PNEUMATIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK N TEMBARAK TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PNEUMATIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK N TEMBARAK TEMANGGUNG Oleh: Bayu Setiyawan NIM 10518244018 ABSTRAK Penelitian ini dirancang untuk: Mengetahui efektivitas hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik pneumatik menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment , model Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK N Tembarak Temanggung tahun ajaran 2014/2015. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Mekatronika tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 61 orang. Sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik Simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes berupa pretest dan posttest . Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model STAD (rata-rata nilai = 77.13) lebih baik (efektif) dibanding yang menggunakan metode konvensional (rata-rata nilai = 68,62) pada taraf signifikansi 0,006 (p<0,05). Kata kunci: Efektivitas, pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33316

Actions (login required)

View Item View Item