PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI SMK N 1 SEYEGAN

Jokopitoyo, Bambang Dwi (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAMBANG DWI JOKOPITOYO 10505244008.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI SMK N 1 SEYEGAN Oleh: Bambang Dwi Jokopitoyo NIM. 10505244008 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran menggambar bangunan yang terdiri dari: (1) proses interaksi siswa dan guru; (2) motivasi/minat belajar siswa; (3) kompetensi pemahaman materi pelajaran; (4) berfikir kritis, efektif dan efisien; (5) kompetensi manajemen waktu yang baik; (6) hasil belajar siswa yang baik; (7) kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik mata pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 63 responden siswa kelas XI TGB mata pelajaran menggambar bangunan SMK N 1 Seyegan. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran menggambar bangunan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas logis dan empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa pada aspek interaksi siswa dan guru berada dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 85.32%. (2) persepsi siswa pada aspek motivasi/menambah minat belajar siswa berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rerata 85.53%. (3) persepsi siswa pada aspek kompetensi memahami materi pelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 85.48%. (4) persepsi siswa pada aspek kompetensi berpikir kritis, efektif dan efisien berada dalam kategori sangat setuju dengan skor rerata 82.62%. (5) persepsi siswa pada aspek kompetensi manajemen waktu yang baik berada dalam kategori baik dengan skor rerata 79.10%. (6) persepsi siswa pada aspek hasil belajar siswa yang baik berada dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 82.67%. (7) persepsi siswa pada aspek kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik mata pelajaran berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rerata 84.05%. Kata kunci: Persepsi, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 09:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33313

Actions (login required)

View Item View Item