HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN KEJURUAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN

Kurniawan, Agung (2016) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN KEJURUAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agung Kurniawan 11503241019.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan mental kerja siswa, (2) hubungan antara rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa, dan (3) hubungan secara bersama-sama antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 90 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 72 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengambilan data variabel rasa percaya diri dan kesiapan mental kerja menggunakan angket dengan skala likert dan variabel prestasi mata pelajaran kejuruan dengan menggunakan metode dokumentasi nilai mata pelajaran kejuruan. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan korelasi sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan mental kerja siswa (rx1y=0,313; α=0,5) (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa (rx1y=0,616; α=0,5), dan (3) Ada hubungan secara bersama-sama antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa Rx1x2y = 0,657 dan koefisien determinasinya = 0,432, yang berarti kesiapan mental kerja 43,2% ditentukan oleh tingkat prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi mata pelajaran kejuruan, rasa percaya diri, dan kesiapan mental kerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 03:15
Last Modified: 04 Mar 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33303

Actions (login required)

View Item View Item