LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN Jl. Merbabu No. 11 Klaten 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

Ida Rojana, Ida Rojana (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN Jl. Merbabu No. 11 Klaten 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12513244012_IDA ROJANA_PT.Busana_PPL UNY 2015 SMKN 3 Klaten.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Program ini merupakan program akselerasi atau program percepatan karena pelaksanaannya dalam waktu dan tempat yang sama, yaitu disekolah. Kegiatan ini merupakan aktualisasi dari perolehan pengetahuan, keterampilan, maupun kreativitas mahasiswa yang diperoleh dari perguruan tinggi. Dalam kesempatan ini penyusun melaksanakan PPL di SMK Negeri 3 Klaten yang terletak di Jl. Merbabu No. 11 Klaten. PPL ini bertujuan untuk (1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan. (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. (4) Memacu perkembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Adapun program-program PPL praktikan mengampu 3 mata pelajaran yaitu Pembuatan Pola kelas XI Busana 3, Pembuatan Busana Industri kelas XI Busana 3 dan Dasar Teknologi Menjahit kelas X Busana dengan jadwal hari Senin dan Kamis. Alokasi jam pelajaran dalam satu minggu adalah 16 jam X 45 menit. Mata pelajaran Pembuatan Pola hari Senin 4 jam X 45 menit, Pembuatan Busana Industri hari Senin 5 jam X 45 menit, Dasar Teknologi Menjahit hari Kamis 7 jam X 45 menit dan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Hasil dari kegiatan PPL ini adalah praktikan dapat menyalurkan dan mempraktikkan ilmu yang didapatkan dari UNY kedalam dunia yang nyata yaitu di SMK Negeri 3 Klaten agar menjadi pengalaman sebagai calon pendidik yang profesional. Saran kepada SMK agar tetap menjalin kerjasama yang baik dengan UNY.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMK N 3 KLATEN, Individu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33297

Actions (login required)

View Item View Item