Penerapan Model Everyone Is Teachers Here untuk Mengetahui Tingkat Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara

Nuswantara, Aditia (2016) Penerapan Model Everyone Is Teachers Here untuk Mengetahui Tingkat Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aditia Nuswantara 08520241024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Oleh : Aditia Nuswantara NIM. 08520241024 ABSTRAK Partisipasi siswa sangat penting dalam pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa, diantaranya penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. 2) partisipasi siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) dengan model konvensional pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Bawang Banjarnegara, pada bulan Oktober 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara dengan jumlah seluruhnya 471 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, dan terpilih kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrumen meliputi Uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment yang menunjukkan instrumen lembar observasi dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk penelitian. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crornbach yang menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,0880 sehingga dinyatakan reliable dan layak digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: partisipasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pada kategori sangat aktif sebanyak 29 siswa (85,3%). Sementara partisipasi siswa dengan model konvensional pada kategori aktif hanya sebanyak 3 siswa (9,1%). Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada partisipasi siswa sebesar 29,034 dan ttabel pada df 65 sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Kata kunci: Everyone is Teachers Here, partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33296

Actions (login required)

View Item View Item