LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KELOMPOK A044

Retno Dwi Astuti, Retno Dwi Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KELOMPOK A044. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108241100_RETNO DWI ASTUTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL/ Magang III Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang dilaksanakan pada semester khusus 2015. Tujuan dari progran PPL/ Magang III yaitu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolan atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Sekolah Dasar Negeri Tukangan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi pelaksanaan PPL pada tahun 2015. Program PPL di SD Negeri Tukangan ini meliputi 15 kegiatan, yaitu pengembangan bahan ajar, ICT (Information Communication and Technologi), pramuka, pendampingan drumband, lomba 17 Agustus, TPA, administrasi guru, upacara bendera, papan bimbingan, mengajar terbimbing, mengajar mandiri, doa bersama, pendampingan KBM, implementasi inovasi pembelajaran, dan mengajar insidental. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari beberapa program dan kegiatan PPL, terdapat salah satu yang menjadi program utama yaitu pengembangan bahan ajar. Program tersebut mengembangkan bahan ajar yang hasilnya akan disosialisasikan kepada guru-guru SD N Tukangan Kota Yogyakarta. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang yang ditempuh khusunya di bidang pendidikan. Selain itu, PPL juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan serta penyelesaiannya yang ada di sekolah baik itu di kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Tukangan dapat berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, dengan kerja sama para mahasiswa PPL permasalahanyang ada dapat diatasi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu kelancaran pelaksanaan PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Negeri Tukangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 02:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item View Item