LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN Jl. Merbabu No. 11 Klaten 10 Agustus – 14 September 2015

Nurul Fatimah, Nurul Fatimah (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN Jl. Merbabu No. 11 Klaten 10 Agustus – 14 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12513244009_NURUL FATIMAH_PT.BUSANA_PPL UNY 2015 SMKN3 KLATEN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 3 Klaten merupakan sekolah kejuruan yang menjadi lokasi dilaksanakannya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2015. SMK Negeri 3 Klaten beralamatkan di Jl. Merbabu No 11 Klaten. PPL dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan lamanya, dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 14 September 2015. Kegiatan PPL meliputi praktik mengajar, pembuatan RPP, media pembelajaran, dan administrasi guru, serta kegiatan yang diminta secara khusus oleh sekolah seperti pembuatan busana karnaval, pendampingan karnaval dan pembuatan display busana. Tujuan dari kegiatan PPL adalah mahasiswa dapat mengembangkan ilmu dan teori-teori yang telah didapatkan selama mahasiswa duduk dibangku perkuliahan, selain itu diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan diri dan menumbuhkan kemampuannya sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional di masa yang akan datang. Masing-masing mahasiswa PPL memiliki guru pembimbing masing-masing disetiap sekolah yang telah ditentukan oleh sekolah. Guru pembimbing disekolah bertugas untuk membimbing dan mendidik mahasiswa agar dapat menjadi tenaga pendidik yang professional. selain itu guru pembimbing betanggung jawab memonitoring kegiatan mahasiswa PPL selama mengajar di kelas serta membimbing mahasiswa dalam membuat kelengkapan administrasi mengajar seperti RPP, Administrasi guru, media pembelajaran, dsb. Mengajar dikelas dilaksanakan secara individu pada mata pelajaran yang telah ditentukan oleh guru pembimbing masing-masing, dalam hal ini penulis mengajar mata pelajaran desain busana di kelas XI busana butik 3 dan dasar teknologi menjahit di kelas X busana butik 3. Selain itu, penulis juga membuat kelengkapan administrasi guru serta membuat media pembelajaran diantaranya chart, powerpoint dan handout yang diharapkan media pembelajaran yang penulis buat dapat mempermudah siswa untuk menangkap materi yang penulis sampaikan saat mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMK N 3 KLATEN, INDIVIDU
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 May 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33294

Actions (login required)

View Item View Item