PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Joni, Ari Sandi (2016) PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
joni ari s.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Joni Ari Sandi NIM. 12505244038 ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016; (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016; (3) ada tidaknya pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 66 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data kinerja guru dan motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar Statika. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi tunggal, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai t > t (5,782 > 1,9976); (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai t > t (6,065 > 1,9976); (3) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai F >F (6,065 > 1,9976). Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan. Kata kunci: Kinerja Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Statika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33285

Actions (login required)

View Item View Item