EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BC KEPANJEN MALANG

Fitria, Ariza (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BC KEPANJEN MALANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fitria ariza 12511241001.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BC KEPANJEN MALANG Oleh: Fitria Ariza NIM (12511241001) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen. Pelaksanaan keterampilan Tata Boga yang dievaluasi meliputi (1) tujuan pelaksanaan keterampilan Tata Boga; (2) sumber dana untuk keterampilan Tata Boga; (3) kesiapan sarana prasarana; (4) partisipasi siswa dalam pelaksanaan keterampilan Tata Boga; (5) proses mengajar guru keterampilan Tata Boga; (6) faktor pendukung dan penghambat; (7) hasil pembelajaran keterampilan Tata Boga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2015 sampai Februari 2016 dengan subyek penelitian adalah 2 orang guru keterampilan Tata Boga, 18 siswa tuna rungu dan siswa tuna grahita SMA-LB BC Kepanjen. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen pedoman observasi dan wawancara menggunakan Expert Judgment oleh dosen pembimbing dan 1 orang dosen ahli dinyatakan valid. Teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk wawancara, dokumentasi serta analisis kuantitatif untuk observasi. Hasil penelitian menyatakan (1) tujuan pelaksanaan Keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen dapat tercapai walaupun beberapa aspek seperti harus diperbaiki; (2) sumber dana yang digunakan untuk keterampilan Tata Boga tahun 2016/2017 berkisar antara Rp. 1.000.000-Rp. 1.200.000; (3) sarana prasarana laboratoium Tata Boga memenuhi standar yang ditetapkan oleh PERMEN Depdiknas Nomor 40 Tahun 2008 sehingga dikatakan layak; (4) Partisipasi siswa tuna grahita memperoleh rata-rata nilai 59,5 dengan kategori cukup sedangkan siswa tuna rungu memperoleh rata-rata nilai 63,6 dengan kategori baik; (5) proses mengajar guru keterampilan Tata Boga pada kelas tuna rungu dan tuna grahita memperoleh rata-rata nilai 68 dengan kategori baik; (6) Faktor penghambat pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen yakni keterampilan Tata Boga tidak terjadwal, sumber dana yang tidak tentu, kurang lengkapnya administrasi guru. Faktor pendukung pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen yakni siswa lebih senang pelajaran praktik, dukungan dari wali murid, ketersediaan sarana prasarana yang baik; (7) tujuan penyelenggaraan pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen dapat tercapai. Kata Kunci: Keterampilan Tata Boga, SMA-LB BC Kepanjen, partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item