Fitria, Ariza (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BC KEPANJEN MALANG. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Fitria ariza 12511241001.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BC KEPANJEN MALANG Oleh: Fitria Ariza NIM (12511241001) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen. Pelaksanaan keterampilan Tata Boga yang dievaluasi meliputi (1) tujuan pelaksanaan keterampilan Tata Boga; (2) sumber dana untuk keterampilan Tata Boga; (3) kesiapan sarana prasarana; (4) partisipasi siswa dalam pelaksanaan keterampilan Tata Boga; (5) proses mengajar guru keterampilan Tata Boga; (6) faktor pendukung dan penghambat; (7) hasil pembelajaran keterampilan Tata Boga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2015 sampai Februari 2016 dengan subyek penelitian adalah 2 orang guru keterampilan Tata Boga, 18 siswa tuna rungu dan siswa tuna grahita SMA-LB BC Kepanjen. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen pedoman observasi dan wawancara menggunakan Expert Judgment oleh dosen pembimbing dan 1 orang dosen ahli dinyatakan valid. Teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk wawancara, dokumentasi serta analisis kuantitatif untuk observasi. Hasil penelitian menyatakan (1) tujuan pelaksanaan Keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen dapat tercapai walaupun beberapa aspek seperti harus diperbaiki; (2) sumber dana yang digunakan untuk keterampilan Tata Boga tahun 2016/2017 berkisar antara Rp. 1.000.000-Rp. 1.200.000; (3) sarana prasarana laboratoium Tata Boga memenuhi standar yang ditetapkan oleh PERMEN Depdiknas Nomor 40 Tahun 2008 sehingga dikatakan layak; (4) Partisipasi siswa tuna grahita memperoleh rata-rata nilai 59,5 dengan kategori cukup sedangkan siswa tuna rungu memperoleh rata-rata nilai 63,6 dengan kategori baik; (5) proses mengajar guru keterampilan Tata Boga pada kelas tuna rungu dan tuna grahita memperoleh rata-rata nilai 68 dengan kategori baik; (6) Faktor penghambat pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen yakni keterampilan Tata Boga tidak terjadwal, sumber dana yang tidak tentu, kurang lengkapnya administrasi guru. Faktor pendukung pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen yakni siswa lebih senang pelajaran praktik, dukungan dari wali murid, ketersediaan sarana prasarana yang baik; (7) tujuan penyelenggaraan pelaksanaan keterampilan Tata Boga di SMA-LB BC Kepanjen dapat tercapai. Kata Kunci: Keterampilan Tata Boga, SMA-LB BC Kepanjen, partisipasi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 May 2016 01:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33284 |
Actions (login required)
View Item |