ANALISIS PENGARUH BI RATE, KURS IDR/USD, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN GIRO WAJIB MINIMUM TERHADAP LOAN TO DEPOSIT RATIO PADA BANK KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Abimanyu, Yudha (2016) ANALISIS PENGARUH BI RATE, KURS IDR/USD, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN GIRO WAJIB MINIMUM TERHADAP LOAN TO DEPOSIT RATIO PADA BANK KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
YudhaAbimanyu_12808144004.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BI rate, kurs IDR/USD, produk domestik bruto, dan giro wajib minimum terhadap loan to deposit ratio. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah loan to deposit ratio, sedangkan variabel independen ialah BI rate, kurs IDR/USD, produk domestik bruto, dan giro wajib minimum. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 27 bank, sedangkan sampel sebanyak 12 bank. Penelitian ini menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji signifikansi individual (uji t), sedangkan pengujian secara simultan dilakukan dengan uji F dan uji koefisien determinasi (adjusted R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) BI rate tidak berpengaruh terhadap loan to deposit ratio, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,694. (2) Kurs IDR/USD tidak berpengaruh terhadap loan to deposit ratio, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,667. (3) Produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap loan to deposit ratio, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,045. (4) Giro wajib minimum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loan to deposit ratio, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara simultan BI rate, kurs IDR/USD, produk domestik bruto, dan giro wajib minimum berpengaruh terhadap loan to deposit ratio, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 1.038,518 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji adjusted R² diperoleh nilai sebesar 0,986. Hal ini menunjukkan bahwa loan to deposit ratio dipengaruhi oleh BI rate, kurs IDR/USD, produk domestik bruto, dan giro wajib minimum sebesar 98,60%, sedangkan sisanya sebesar 1,40% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BI Rate, Kurs IDR/USD, PDB, GWM, LDR
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 25 May 2016 07:18
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33281

Actions (login required)

View Item View Item