PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BELAKTUK PITURUH PURWOREJO

Restianingrum, Ayu (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BELAKTUK PITURUH PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ayu Restianingrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD N Blekatuk tergolong masih rendah, karena perkembangan kognitif siswa pada tahap operasional kongkrit sedangkan dalam menyampaikan materi guru masih jarang menggunakan media. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan peneliti secara kolaboratif bersama guru kelas. Tahapan penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, refleksi dengan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Blekatuk dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan media garis bilangandengan wayang pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blekatuk.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh menggunakan analisis desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata kelas telah mencapai 65 dan nilai tersebut telah dicapai oleh sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Blekatuk. Hasil analisis data yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas hasil belajar matematika. Hasil belajar siklus I terjadi peningkatan sebanyak 20,87% (pra tindakan 32,25%, siklus I 53,12%) dengan nilai rata-rata kelas 69,16. Berdasarkan hasil belajar siklus I perlu diadakan tindakan lanjutan walaupun nilai rata-rata kelas sudah mencapai KKM namun persentase siswa yang mencapai KKM baru 53,12% belum 80%.Pada siklus II mengalami peningkatansebanyak 31,25% (siklus I 53,12%, siklus II 84,37%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 76,66. Peningkatan dari tahap pra tindakan hingga siklus II sebesar 52,12%. Kata kunci: hasil belajar matematika, media garis bilangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 May 2016 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33266

Actions (login required)

View Item View Item