PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SD NEGERI 1 NGERANGAN BAYAT KLATEN

Mutmainah, Anisa (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SD NEGERI 1 NGERANGAN BAYAT KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisa Mutmainah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode Role Playing (bermain peran) pada siswa kelas V di SD Negeri I Ngerangan Bayat Klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Ngerangan Bayat Klaten yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri I Ngerangan, Bayat, Klaten dengan model Kemiss Taggart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode Role Playing (bermain peran) pada siswa kelas V di SD Negeri I Ngerangan Bayat Klaten. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 42, nilai rata-rata pada akhir siklus I adalah 67 dan nilai rata-rata pada akhir siklus II adalah 84. Pada hasil tes akhir siklus I sebanyak 5 siswa atau 35,7% yang telah memenuhi KKM, pada siklus II sebanyak 13 siswa atau 92,9% serta hasil observasi siswa sangat baik. Kata kunci: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan metode role playing (bermain peran)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 May 2016 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item View Item