LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN

Anno Harsoyo, Anno Harsoyo (2015) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12520244042_Anno Harsoyo_Pendidikan Teknik Informatika.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta memilih SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan PPL. PPL di lokasi tersebut telah terlaksana pada tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 dan diikuti oleh 6 Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Akuntasi, dan 3 Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Akuntasi Internasional. Tujuan PPL adalah untuk memberikan pengalaman nyata sebagai seorang guru sehingga Mahasiswa siap menjadi tenaga kependidikan yang baik di bidangnya. Kegiatan PPL meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan PPL dimulai dari melakukan observasi di sekolah. Hal yang diobservasi meliputi: kondisi sekolah dan proses pembelajaran. Hasil observasi dipergunakan untuk membuat perencanaan sebelum kegiatan PPL dimulai. Kegiatan berikutnya adalah pelaksanaan kegiatan PPL. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 2 kegiatan utama, yaitu Kegiatan Mengajar dan Kegiatan Non- Mengajar. Kegiatan Mengajar meliputi: mempersiapkan materi, membuat RPP, membuat media, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Kegiatan tersebut selalu dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) agar kegiatan yang dilaksanakan sesuai kebijakan sekolah. Kegiatan tersebut untuk mengembangkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional. Kegiatan Non-Mengajar meliputi: piket, apel, dan upacara. Kegiatan tersebut selalu dikonsultasikan kepada Koordinator PPL Sekolah agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar. Kegiatan tersebut untuk mengembangkan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian. Segala evaluasi yang diberikan selalu diperhatikan dan diperbaiki Mahasiswa PPL. Kegiatan Mengajar telah terlaksana sebanyak 9 kali pertemuan dengan 6 RPP yang terdiri atas 2 materi, yaitu Menerapkan Fungsi Peripherial dan Instalasi PC dan Melaksanakan Instalasi Sistem Operasi berbasis GUI dan CLI. Kegiatan Mengajar tersebut dilaksanakan di kelas X TKJ. Dari hasil pelaksanaan Kegiatan Mengajar sebagian besar siswa telah memenuhi KKM untuk materi Menerapkan Fungsi Peripherial dan Instalasi PC dan sebagian besar tidak memenuhi KKM untuk materi Melaksanakan Instalasi Sistem Operasi berbasis GUI dan CLI. Untuk Kegiatan Non-Mengajar seluruh kegiatan telah terlaksana dengan lancar sesuai rencana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Kegiatan Mengajar, Kegiatan Non-Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2016 07:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33255

Actions (login required)

View Item View Item