Yunan , , Helmi (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SiIWA IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA SERTA BERBAGAI SIFAT DALAM PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA UNTUK SISWA SNIP KELAS VII BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. S1 thesis, UNY.
Text
PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_SiIWA_IPA_ASPEK_KIMIA.docx Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Aspek Kimia Materi Pokok Wujud Zat dan Perubahannya serta Berbagai Sifat dalam Perubahan Fisika dan Kimia untuk Siswa SMA Kelas VII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang memenuhi kriteria kualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran IPA secta menilai LI<S IPA Aspek Kimia yang memenuhi kriteria LKS yang berkualitas menumt penilaian guru 1P,4 SMP dan guru Kimia SMA. Kurikulum yang digunakan sebagai acuan adalah KTSP. Prosedur pengembangan LKS terdiri atas enam tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian produk, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Masing-masing tahapan tersebut terdiri atas beberapa langkah penelitian. LKS diberi masukan oleh 2 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (peer reviewer). LKS ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 2 orang guru IPA SNIP dan 3 orang guru Kimia SMA. Penilaian LKS didasarkan pada 10 aspek penilaian, yaitu : pendekatan penulisan, l,_ebenaran konsep kimia, kedalaman konsep, keluasan konsep, kejelasan kalirnat, kebahasaan, evaluasi belajar, kegiatan/percobaan kimia, keterlaksanaan, dan penampilan fisik. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata LKS diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas LKS dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Telah berhasil disusun Lembar K.erja Siswa (LKS) IPA Aspek Kimia Materi Pokok Wujud Zat dan Perubahannya serta Berbagai Sifat dalam Perubahan, Fisika dan Kimia untuk Siswa SMP Kelas VII berdasarkan Kurikulum Tingkal Satuan Pendidikan yang memenuhi kriteria kualitas. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 99,6 atau 81,45 %. LKS tersebut memiliki skor dengan kriteria kualitas sangat baik (SB).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 18:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3325 |
Actions (login required)
View Item |