LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NURFITRIYATI, NURFITRIYATI (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12402241009_Nurfitriyati_Pendidikan Administrasi Perkantoran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan dan bersifat wajib lulus. Pelaksanaan PPL menjadi salah satu langkah strategis untuk memenuhi kompetensi mahasiswa jurusan kependidikan menjadi calon guru. Untuk itu, peningkatan kualitas PPL dilakukan secara progresif sesuai dengan visi dan misi PP PPL dan PKL. Peningkatan kualitas secara linier dilaksanakan semenjak pembekalan, pengajaran mikro, supervisi klinis, monitoring, refleksi, dan evaluasi serta dilakukan penelitian dan pengembangan. Pelaksanaan PPL memiliki tiga tujuan, yang pertama yaitu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kedua, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Ketiga, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan berbagai sekolah untuk menunjang pelaksanaan PPL. Salah satunya yaitu SMK Negeri 1 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kemetiran Kidul 35, Yogyakarta. SMK Negeri 1 Yogyakarta memiliki 3 program keahlian, antara lain Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran. Hasil pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015 yaitu praktik mengajar pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Mengelola Peralatan Kantor di 2 kelas, antara lain kelas X AP1 dan X AP2 . Masing-masing kelas mendapatkan 2 jam pelajaran dalam satu minggu. Selama pelaksanaan PPL, memperoleh kesempatan 5 kali pertemuan untuk masing-masing kelas dengan rincian, 1 kali pertemuan teori, 1 kali pertemuan ulangan, dan 3 kali pertemuan praktek mengetik. Selain itu, juga melaksanakan pembuatan administrasi guru sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalitas sebagai calon pendidik. Program kegiatan PPL telah terlaksana berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing, rekan kelompok PPL, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM), serta pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya sebagai calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL, Program Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2016 06:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33223

Actions (login required)

View Item View Item