LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Ilania Eka Andari, Ilania Eka Andari (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12313244001_Ilania Eka Andari_Pendidikan Matematika.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2015 yang berlokasi di SMK Negeri 1 Yogyakarta mulai dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Agustus 2015 sampai dengan minggu kedua bulan September 2015. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika yang melakukan praktik mengajar mata pelajaran matematika di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan oleh praktikan di kelas X AK 1 dan X AK 2. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain pelaksanaan piket salam pagi, lobby, UKS, BK, dan perpustakaan. Sedangkan untuk program PPL individu adalah penyusunan perangkat administrasi mengajar (yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dll.), Lembar Kerja Siswa, media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, serta menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan, kisi – kisi dan rubrik penilaian. Program-program PPL yang telah direncanakan oleh praktikan dapat berjalan dengan baik, namun beberapa hambatan timbul selama proes pelaksanaan program PPL. Beberapa hambatan tersebut antara lain: banyaknya kegiatan di sekolah yang banyak menyita waktu praktik mengajar, ketika KBM berlangsung ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatannya sendiri, siswa sedikit meremehkan praktikan karena dianggap hanya seorang mahasiswa saja sehingga ketika proses pembelajaran dikelas siswa cenderung susah dikondisikan akan tetapi dengan pendekatan secara personal kepada siswa-siswa tersebut maka hal tersebut bisa diatasi, setiap dua orang siswa hanya memiliki satu buku pegangan sehingga mengakibatkan pembelajaran cukup terhambat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Kerja, SMK Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2016 06:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33219

Actions (login required)

View Item View Item