LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA Jalan Kemetiran Kidul No.36, Sleman , Yogyakarta

Eka Sanjaya, Eka Sanjaya (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA Jalan Kemetiran Kidul No.36, Sleman , Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12104244001_Eka Sanjaya_Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik profesional. Melalui kegiatan PPL mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar , mentransfer dan menerapkan disiplin ilmu akademisnya kepada peserta didik di suatu instansi kependidikan serta dapat mempraktikan secara langsung paham-paham teoritik maupun teknik yang akan digunakan dalam menghadapi dan memberikan alternative pemecahan masalah yang dialami peserta didik mencakup empat bidang Layanan yakni Pribadi, Belajar, Sosial maupun Karir. Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa terutama prodi Bimbingan dan Konseling diharapkan mampu untuk menerapkan dan membuat suatu model Layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Sehingga tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling bisa tercapai. Selain itu dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar secara nyata sehingga kedepannya mahasiswa sebagai calon pendidik perofesional memiliki kematangan mental dan akademik dalam menerapkan paham keilmuan dibidangnya masing-masing. Kegiatan PPL ini sendiri dilaksanakan di SMK Negeri 1 Yogyakarta, dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sendiri merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh UNY dimana PPL sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan proses pembelajaran dan bimbingan yang telah didapatkan selama kegiatan perkuliahan. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Yogyakarta memiliki beberapa tujuan antara lain : 1. Merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi 2. Meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri peserta didik 3. Mengembangkan potensi, bakat, dan minat siswa serta keunikan yang masing-masing dimiliki oleh peserta didik 4. Membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap peran sarta tujuan adanya kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling disekolah 5. Ikut serta dalam membuat, merencanakan serta menerapkan metode-metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling Berbagai program kerja dan kegiatan baik yang bersifat program kelompok maupun individu telah praktikan laksanakan dengan hasil yang dapat dikatakan telah berjalan dengan baik. Pengadaan serta pelaksanaan kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling individu maupun kelompok ,pembuatan media dan instrument-instrument yang digunakan dan dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling Klasikal. Progam-program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Setelah masa PPL, diharapkan kedepannya peserta didik akan memiliki pemahaman dan penerimaan diri yang baik. Sehingga akan mewujudkan peserta didik yang berkarakter serta memiliki kematangan diri, baik secara Fisik maupun Psikis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan,Bidang Layanan, Layanan Bimbingan dan Konseling,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2016 06:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33212

Actions (login required)

View Item View Item