HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SILAWE KAJORAN MAGELANG

Supraswati, Ida (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SILAWE KAJORAN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ida Supraswati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru dalam pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di Gugus Silawe Kecamatan Kajoran Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah Gugus Silawe baik guru kelas maupun guru mata pelajaran yang berjumlah 59. Hasil uji coba instrumen menunjukkan terdapat 6 item tidak valid dari 46 item motivasi berprestasi dengan indeks reliabilitas 0,943 dan terdapat 7 item dari 58 item kinerja guru dengan indeks reliabilitas 0,973. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji kolerasi Product Moment dari Pearson untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi guru di wilayah Gugus Silawe Kecamatan Kajoran Magelang tergolong sedang dengan frekuensi 80% dan rerata skor 128; (2) Kinerja guru di wilayah Gugus Silawe Kecamatan Kajoran Magelang tergolong sedang atau baik dengan frekuensi 83% dan rerata skor 183; dan (3) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru dalam pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di wilayah Gugus Silawe Kecamatan Kajoran Magelang ditunjukkan dengan nilai singnifikasi 0,007 (0,007<0,05) dan nilai kolerasi 0,902 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Artinya semakin tinggi motivasi berprestasi guru, maka semakin baik kinerja guru dalam pembelajarannya, begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : motivasi berprestasi, kinerja guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 May 2016 05:43
Last Modified: 30 Jan 2019 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33209

Actions (login required)

View Item View Item