PELAKSANAAN LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP 1 BANGUNTAPAN

Fitri Yuliastuti (2011) PELAKSANAAN LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
123.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan lesson study secara detail di SMP 1 Banguntapan (2) Mengetahui manfaat dari pelaksanaan lesson study di SMP 1 Banguntapan. (3) Mengetahui kendala dari pelaksanaan lesson study di SMP 1 Banguntapan. (4) Mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi di SMP 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan kuncinya adalah guru-guru Mata Pelajaran IPS yang telah melaksanakan lesson study dan informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah, Wakaur Kurikulum dan siswa. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan lesson study di sekolah ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Dalam kegiatan plan dilakukan kegiatan mereview silabus dan menyusun RPP. Dalam kegiatan do, ada tiga kegiatan penting,yaitu: kegiatan guru, observer dan siswa. Dalam kegiatan see dilakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan, baik oleh guru maupun observer. Sebelum pelaksanaan tahapan tersebut dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pembentukan tim. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara kolaborasi antara guru dan observer. Lesson study dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. (2) Pelaksanaan lesson study memberikan manfaat bagi guru, siswa dan sekolah. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh guru adalah dengan adanya lesson study akan meningkatkan profesionalisme dalam mengajar. Manfaat yang dirasakan siswa adalah siswa lebih antusias saat belajar di dalam kelas. Manfaat bagi sekolah adalah lesson study yang dilaksanakan akan membantu program sekolah dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. (3) Kendala yang dihadapi adalah dalam hal biaya, budaya, waktu dan kurikulum. (4) Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan tetap melaksanakan lesson study secara terus-menerus, selain itu diperlukan pengaturan jadwal yang lebih baik dan untuk mengatasi masalah biaya solusi yang dilakukan adalah dengan musyawarah kepada wali murid terkait dengan masalah biaya yang dihadapi. Selain itu, pihak sekolah sedang mencari solusi alternatif yang lain untuk mengatasi berbagai kendala yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 07:05
Last Modified: 29 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item