ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP BIOTEKNOLOGI DALAM BUKU PELAJARAN SAINS/BIOLOGI

Nursanti, Tri Endah (2015) ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP BIOTEKNOLOGI DALAM BUKU PELAJARAN SAINS/BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Endah Nursanti.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesinambungan konsep-konsep Bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi yang ditulis berdasarkan KTSP dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi. Pemilihan buku menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini berupa konsep-konsep bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi. Konsep dianalisis oleh 3 orang panelis dengan cara membaca dan mencermati alinea dalam bacaan (teks), gambar, dan tabel yang memuat konsep bioteknologi. Hasil analisis kemudian dimasukkan ke dalam tabel pengamatan. Melakukan diskusi antar panelis untuk mengidentifikasi ulang konsep yang ditemukan. Data hasil identifikasi diolah ke dalam tabel kesinambungan konsep. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bioteknologi yang ditemukan pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Gondokusuman menunjukkan adanya kesinambungan konsep. Hal ini ditandai dengan ditemukannya penambahan konsep (konsep baru, perluasan, dan pendalaman konsep), serta penggunaan istilah pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesinambungan konsep, bioteknologi, jenjang pendidikan, KTSP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 24 May 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33198

Actions (login required)

View Item View Item