Analisis Kelayakan Ruang Laboratorium Komputer Bangunan di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok, Yogyakarta

KMS. M. Rama Perwira, KMS. M. Rama Perwira (2016) Analisis Kelayakan Ruang Laboratorium Komputer Bangunan di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok, Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(INDO-ENG).pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Analisis Kelayakan Ruang Laboratorium Komputer Bangunan di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok, Yogyakarta Oleh: KMS. M. Rama Perwira 11505241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan ruang laboratorium komputer bangunan di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok, Yogyakarta berdasarkan standar sarana dan prasarana yang disyaratkan oleh Permendiknas atau Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 dan BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan 1023-P2-10/11, serta standar ergonomi dan antropometri perabot dan pengguna ruang laboratorium komputer bangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian desktiptif evaluatif dengan pendekatan kuantitiatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Depok pada bulan Maret-Juni 2015. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah sarana dan prasarana ruang laboratorium komputer bangunan, sedangkan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan serta beberapa guru pengajar di Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi langsung yang dilakukan di SMK Negeri 2 Depok. Instrumen penelitian berisi perbandingan antara standar tertentu terhadap data lapangan hasil observasi. Teknik analisis data menggunakan skala persentase dengan membandingkan hasil penelitian terhadap standar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prasarana ruang laboratorium dalam kondisi layak dan sesuai standar, namun penggunaan ruang melebihi kapasitas dan rasio yang ditetapkan; (2) Sarana ruang laboratorium yang meliputi perabot, media pembelajaran, dan perangkat ruang dalam kondisi layak dan telah memenuhi standar, namun masih terdapat kekurangan berupa tidak adanya lemari simpan alat/bahan dan kurangnya jumlah printer; (3) Berdasarkan standar ergonomi perabot, kondisi kursi siswa dan kursi guru tidak sesuai dengan standar yaitu pada ketinggian dan kemiringan sandaran kursi; dan (4) Berdasarkan standar antropometri pengguna ruang, kondisi kursi siswa tidak sesuai dengan standar yaitu pada ketinggian sandaraan kursi. Kata kunci: Kelayakan, Laboratorium Komputer, Teknik Gambar Banguna

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33192

Actions (login required)

View Item View Item