PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA BERPENDEKATANDENGAN KURIKULUM 2013 DI SMKNEGERI 1 NGAWEN GUNUNG KIDUL

Wasyiatun, Khoiriah (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA BERPENDEKATANDENGAN KURIKULUM 2013 DI SMKNEGERI 1 NGAWEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Wasyiatun Khoiriah 12513247003.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA BERPENDEKATANDENGAN KURIKULUM 2013 DI SMKNEGERI 1 NGAWEN GUNUNG KIDUL Oleh: Wasyiatun Khoiriah NIM. 12513247003 Penelitian ini bertujuan untuk:1)mengembangkan media modul pembelajaran menggambar proporsi tubuh berpendekatan dengan kurikulum 2013, 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran menggambar proporsi tubuh berpendekatan dengan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Ngawen Gunung Kidul. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and Development) dengan prosedur Brog & Gall yang disederhanakan Tim Putslitjaknov. Penelitian pengembangan modul pembelajaran menggambar proporsi tubuh berpendekatan dengan kurikulum 2013 dengan melalui lima tahap yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji skala kecil, 5) uji skala besar dan produk akhir. Subyek penelitian ini berjumlah 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 31 siswa untuk uji kelompok besar. Penelitian ini melibatkan 3 ahli adalah ahli media, ahli materi dan ahli evaluasi untuk uji validitas instrument angket menggunakan validasi isi dengan meminta pendapat dari pakar ahli. Produk skripsi ini menggunakan validitas konstruk dihitung dengan rumus product moment, uji validitas dengan rumus Alpha cronbach. Teknik pengumpulan data angket dan observasi. Teknik analisis data yaitu analisis diskriptif. Hasil dalam penelitian: 1) Pengembangan modul menggambar proporsi tubuh dengan tahap antara lain adalah: a) analisis kebutuhan prodak, melalui analisis kurikulum dan silabus, b) mengembangkan produk awal melalui penyusunan sesuai dengan kerangka modul, c) validasi ahli dan revisi oleh ahli media, ahli materi dan ahli evaluasi, d) uji coba skala kecil dan revisi produk pada 10 siswa, e) uji coba skala besar dan produk akhir pada 31 siswa , 2) kelayakan modul pembelajaran menggambar proporsi tubuh. Hal tersebut menunjukan bahwa uji coba kelompok besar dalam kategori 87% “sangat baik” dan kategori 13% “baik” . Secara keseluruhan modul pembelajaran menggambar proporsi tubuh berpendekatan dengan kurikulum 2013 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran menggambar busana di SMK Negeri 1 Ngawen Gunung Kidul. Kata kunci : pengembangan modul, proporsi tubuh manusia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item View Item