EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING EDMODO DI JURUSAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN

Tito, Ristiadi (2016) EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING EDMODO DI JURUSAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
TITO RISTIADI_11520244022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING EDMODO DI JURUSAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN Oleh: Tito Ristiadi NIM. 11520244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan E-learning Edmodo terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional serta (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunan E-learning Edmodo pada mata pelajaran Simulasi Digital di kelas X Multimedia SMKN 1 Klaten dengan menggunakan model pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan 5 varibel. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan multimedia di SMKN 1 Klaten berjumlah 74 siswa dengan rincian 38 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk analisis penerimaan teknologi E-learning Edmodo menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t untuk mengetahui efektivitas perbedaan hasil belajar serta menggunakan metode analisis jalur untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan E-learning Edmodo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo memiliki peningkatan yang lebih tinggi efektivitasnya sebesar 58% daripada siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 49%; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan perolehan rata-rata 78,9, sedangkan untuk siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 73,9; (3) penelitian penerimaan teknologi E-learning Edmodo, persepsi kemudahan berpengaruh terhadap persepsi kemanfaatan, dan intensi penggunaan. Persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap intensi penggunaan dan penggunaan aktual. Dan Intensi penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan actual; (4) penggunaan aktual berpengaruh signifikan terhadap nilai akhir. Kata Kunci: Efektivitas, Technology Acceptance Model (TAM), E-learning Edmodo, Simulasi Digital, analisis jalur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33184

Actions (login required)

View Item View Item