PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN TKR SMK 45 WONOSARI

Yunis, Ariyadi (2016) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN TKR SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yunis Ariyadi 11504244027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN TKR SMK 45 WONOSARI Oleh: Yunis Ariyadi NIM. 11504244027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang telah diberikan tugas terstruktur dan kelas kontrol yang tidak diberikan tugas terstruktur pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI jurusan TKR SMK 45 Wonosari. 2) Adakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang telah diberikan tugas terstruktur dan kelas kontrol yang tidak diberikan tugas terstruktur pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI jurusan TKR SMK 45 Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-postets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK 45 Wonosari, dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan rumus Kuder Richardson. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas varians. Untuk mengetahui besar prestasi kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Tendensi Sentral (rata-rata). Teknik analisis mengunakan analisis regresi sederhana dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota sampelnya sama (n1=n2) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menujukkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa, yaitu pada kelas eksperimen sebesar 79,05 dan kelas kontrol sebesar 71,35, dari uji hipotesis didapatkan thitung = 3,1687 lebih besar dari ttabel (thitung = 3,1687 > ttabel = 2,0243). Hasil analisis regresi menunjukkan harga r hitung > r tabel (0,404 > 0,312), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar, dengan koefisien determinasinya r2 = (0,404)2 = 0,163. Artinya hasil rata-rata prestasi belajar siswa yang ditentukan oleh pengaruh pemberian tugas terstruktur tersebut adalah 16,3 %. Sedangkan sisanya 83,7 % berasal dari faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini. Kata kunci: Pemberian Tugas Terstruktur, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33178

Actions (login required)

View Item View Item