Tri, Utami (2016) PENGARUH LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI SE-PROVINSI DIY. S1 thesis, UNY.
|
Text
Tri Utami 10520241010.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI SE-PROVINSI DIY Oleh Tri Utami 10520241010 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY; (2) mengetahui pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap peningkatan kompetensi siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK yang mengikuti lomba kompetensi siswa di bidang teknologi informasi yang terdiri dari bidang Information Technology, Web Design, Animasi, Desain Grafis Teknologi dan Software Application se-Provinsi DIY sebanyak 133 siswa. Ukuran sampel sebanyak 35 anak ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,482 ( > ttabel = 2,040) pada signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh lomba kompetensi siswa (LKS) terhadap peningkatan kompetensi siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,159 ( > ttabel = 2,040) pada signifikansi 5%. Kata kunci: Lomba Kompetensi Siswa, Motivasi Belajar, dan Peningkatan Kompetensi Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 May 2016 01:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33175 |
Actions (login required)
View Item |