PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEGELASAN DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA

Wahyu, Nur Musyafa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEGELASAN DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wahyu Nur Mysyafa 10503244013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEGELASAN DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA Oleh: Wahyu Nur Musyafa NIM. 10503244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi belajar siswa sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT), (2) mengetahui prestasi belajar siswa sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT), (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran teams games tournament (TGT), dan (4) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok eksperiment dengan kelompok control Mata Pelajaran Teknik Pengelasan SMK Negeri 3 Purbalingga melalui model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental-Kuasi dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 3 Purbalingga sebanyak 66 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, persentase dan kriteria beda yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa sebelum diberikan model pembelajaran TGT saat pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 53 dan 54. prestasi belajar siswa sesudah diberikan model pembelajaran TGT saat posttest kelompok kelompok kontrol dan eksperimen adalah 71 dan 84. Peningkatkan prestasi belajar siswa setelah diberikan model TGT sebesar 30%, dari rata-rata hasil belajar pretest ke posttest yaitu 54% menjadi 84%. Sedangkan perbedaan prestasi belajar siswa sebesar 12%, dimana data perbedaan prestasi belajar tersebut diperoleh sari selisih rata-rata antara posttest kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran TGT dengan posttest kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 83 sedangkan rata-rata kelompok kontrol 71. Dengan kata lain, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Teknik Pengelasan di SMK Negeri 3 Purbalingga. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar Teknik Pengelasan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33174

Actions (login required)

View Item View Item