KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Tradika, Putri Prastyanti (2016) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TRADIKA PUTRI 11505244005.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Tradika Putri Prastyanti 11505244005 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta bertujuan untuk menjelaskan tentang: (1) profil motivasi belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan, (2) profil persepsi siswa tentang prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan, (3) besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap persepsi siswa tentang prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknikyang digunakan adalah teknik korelasi. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (motivasi belajar) dan variabel Y (persepsi prestasi belajar). Teknik pengambilan sampelnya menggunakanproportionalrandom sampling, sampel diambil secara acak dengan memperhatikan sampel yang representatif dan pengambilan ditentukan seimbang dan sebanding setiap kelas, jumlah sampel yang diambil sejumlah 96 siswadari populasi 128 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan analisis data menggunakan program (SPSS). Uji validitas menggunakananalisis dengan korelasi product moment, uji reabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha, uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas menggunakan uji F, uji hipotesis menggunakan analisis regresi tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap persepsi siswa tentang prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi motivasi belajar terhadap persepsi siswa tentang prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakartacukup besar. Kata kunci: motivasi belajar, persepsi prestasi belajar, ilmu ukur tanah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33173

Actions (login required)

View Item View Item